5 Tips Aman Sebelum Berlibur ke Pulau Komodo

Apa anda termasuk di antara orang yang berangan-angan untuk traveling ke Pulau Komodo? Jangan buru-buru ke sana sebelum menyimak 5 tips di bawah ini, ya.

 

liburan pulau komodo
liburan pulau komodo

 

Menurut pokertiam meski kelihatannya akan paling menyenangkan, sebab kamudapat dengan leluasa merasakan pemandangan alam dan dekat dengan fauna langka, namun traveling ke sini pun sekaligus riskan jika anda tidak mematuhi sejumlah peraturan yang ada. Perhatikan betul tips inilah ini dan persiapkan sungguh-sungguh sebelum keberangkatanmu, ya!

1. Kamu mesti ditemani pembimbing saat di sana
Karena Pulau Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memangpaling luas dan pun berisi tidak sedikit komodo, tidak boleh pernah menelusurinya sendirian. Harus diakui, bila kamu tentu masih asing dengan wilayahnya. Karenanya, tidak boleh pernah berpencar dari regu dantidak jarang kali ikuti apa kata ranger atau pemandu. Ingat, komodo ituhewan buas dan langka. Inilah alasannya anda harus tidak jarang kali berada di sekitar ranger, sebab sejauh ini melulu mereka yang dapat menghadapi dan mengendalikan komodo. So, tidak boleh macam-macam, ya!

2. Jangan menciptakan gerakan tiba-tiba dan berteriak
Penglihatan komodo memang buruk, tapi tidak boleh salah, komodo mempunyai indra penciuman dan pendengaran yang paling baik. Meskipunsepertinya si fauna besar ini melulu diam saja dan bermalas-malasan, tetap tidak boleh pernah mengganggunya ya, sebab komodo ini dapat berlari paling kencang dan mengejarmu, bahkan konon kecepatannya hingga 20km per jam, lho! Maksud gerakan tiba-tiba di sini merupakan loncat atau menghindar seketika saat menyaksikan komodo. Gerakan yang seketika ini dirasakan sebagai di antara ancaman untuk sang komodo, berikut alasannya mengapa mereka akan mengerjakan serangan. Berjalanlah di belakang ranger dan bersikaplah normal tanpa menerbitkan suara yangterlampau berisik.

3. Hindari berangjangsana saat sedang menstruasi
Hal ini pun tak boleh anda sepelekan. Sebab, laksana yang tertulis sebelumnya, komodo paling sensitif dalam menghirup bau darah. Konon katanya, hewan purba ini dapat mengendus bau darah dari jarak 5 kilometer, lho. Nah, resiko ini bakal jadi lebih banyak saat anda sedang mendapat siklus bulanan tadi. Tapi, bukan berarti anda tak bolehberangjangsana sekali, terdapat baiknya beritahukan kondisimu untuk ranger, sebab dia bakal memberikanmu perhatian eksklusif nantinya. Tenang, anda masih dapat ikut mencari Pulau Komodo dan berjumpa dengan mereka kok, sekitar berada dekat dengan sang ranger tadi.

4. Kalau diburu komodo, berlarilah zig-zag dan naiklah ke lokasi yang lebih tinggi
Meski komodo ialah pelari yang hebat, namun mereka hanya dapat berlari lurus. Jadi, bila memang pada kesudahannya kamu diburu oleh mereka, kuasailah kiat berlari zig-zag. Masih ingat kan bila penglihatan mereka tak bagus? Kalau masih diburu juga, cari lokasi lebih tinggi dan naiklah ke atasnya. Rumah panggung di area tersebut misalnya, sebab komodo akankendala untuk naik tangga. Tapi anda harus tetap waspada, sebab seringkali si besar ini bakal menunggumu dengan berteduh di bawah bangunan. Hati-hati pun dengan air liur komodo, ya. Konon, tidak sedikit sekali bakteri mematikan yang ada dalam air liurnya ini yang pastinya dapat menakut-nakuti nyawa seseorang.

5. Jangan gunakan baju warna merah
Ada mitos yang beredar di kalangan wisatawan, yaitu dilarang memakai baju berwarna merah sebab dapat menciptakan komodo jadi agresif dan berujung menyerangmu nantinya. Katanya sih, fauna besar satu ini tak jauhlain dari banteng. Meski tidak sedikit orang memandangnya melulu mitos, tapi anda harus tetap waspada, ya. Intinya, menggunakan baju apapun bila kamu tak sengaja mengganggu mereka, anda akan tetap diserang dan dikejar.

Sudah siap berangkat menjelajahi Pulau Komodo? Ingat, tidak boleh pernah sendirian. Ajak teman, pacar, mantan, atau gebetan dan mesti ditemani oleh pemandu, ya. Selamat berpetualang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *